Sabtu, 19 April 2008

Peralatan Berpetualang

Data perlengkapan yang akan dibawa dapat mudah dengan daftar ( list ). Pengelompokan barang menurut fungsi dan beratnya diperlukan untuk menentukan posisinya di dalam ransel dan pengaturan beban ransel agar nyaman dibawa. Secara garis besar, perlengkapan dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok yaitu perlengkapan pribadi, perlengkapan kelompok dan perlengkapan tekniK.

* PERLENGKAPAN PRIBADI

Pendataan perlengkapan pribadi yang akan dibawa dapat dipermudah dengan mengelompokan menurut fungsinya. Barang - barang pribadi yang dibawa harus memenuhi semua kebutuhan pribadi tanpa mengandalkan orang lain. Berikut ini perlengkapan pribadi :

- Sepatu dan Kaus kaki

Sepatu yang dipakai harus melindungi kaki dan nyaman dipakai selama perjalanan.

Badan sepatu harus terbuat dari bahan yang kuat, baik kulit atau sintetis ( seperti Gore-Tex ® SealSkins® ) yang dapat menjaga pernapasan kulit kaki.

- Pakaian

Pakaian yang dikenakan harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya sesuai dengan keadaan cuaca,tahan lama, nyaman, cepat kering serta melindungi tubuh dari berbagai kondisi lingkungan. Banyak orang menyebutkan bahwa pakaian lapangan harus memenuhi 3W (wicking-warmth-water/wind proofing) atau kuat,hangat, dan tahan air/angin. Biasanya, bahan yang baik untuk dikenakan terbuat dari poliester dan polipropilena bukan katun. Banyak kasus hipothermia terjadi karena bahan pakaian yang digunakan terbuat dari katun.

- Ransel

Besarnya ransel yang digunakan tergantung dari banyaknya barang - barang yang akan dibawa. Biasanya, ransel yang banyak dijual berukuran 60 L,80 L, 100 L, dengan bentuk yang bervariasi. Akan Tetapi, jika aktivitas yang dilakukan dialam bebas cukup singkat, bisa menggunakan day pack ruck-sack ( ransel kecil ).Ransel yang baik mempunyai bebarapa kriteria, yaiut kokoh, bahannya kuat, tahan air, dan mempunyai sabuk pinggang untuk mengurangi goyangan ransel.

- Air Minum dan Makanan

Air minum ditempatkan pada wadah yang tahan pecah, tidak bocor, dan mudah dibawa. Tempat air minum harus disimpan pada tempat yang mudah dijangkau pada ransel atau ikat pinggang.

- Ponco atau Rain coat

Lindungi pakaian dan alat yang dibawa dari air hujan.

- Alat Navigasi

Kompas, peta, altimeter, GPS ( global positioning system ), serta alat-2 navigasi lain sangat dibutuhkan dalam perjalanan. Untuk menghindari hal-2 yang tidak diinginkan, sebaiknya tiap orang memiliki alat navigasi, minimal kompas dan peta.

- Sun Screen

sun screen atau krim pelindung sinar matahari sangat dibutuhkan, terutama untuk perjalan di dataran rendah.

- Perlengkapan Tidur

Beberapa perlengkapan tidur yang digunakan yaitu pakaian tidur, matras, sleeping bag, dan jaket atau sweter.

- Perlengkapan Penunjang

Perlengkapan lain yang menunjang aktivitas di alam bebas dapat dibawa serta dalam ransel, diantaranya makanan pokok yang mengandung cukup nutrisi, pisau ( bisa berupa golok tebas, pisau komando, dan pisau lipat ), korek api tau pematik, senter dengan baterai dan dan bola lampu cadangan, buku catatan dan pensil yang dilindung dengan plastik untuk mencatat kejadian - kejadian khusus, obat - obatan pribadi, peluit untuk keadaan darurat, jam tangan, obat anti nyamuk, alat komunikasi( handy talkie dan telepon selular), serta barang - barang tambahan lain( Seperti kelambu, gaiters / pelindung pacet, kamera, alat mandi, jarum, benang, serta semir sepatu). Peralatan masak : Kompr parafin , nesting , sendok , kompor gas lipat.

* PERLENGKAPAN KELOMPOK

Perlengkapan Kelompok, yaitu perlengkapan yang dibawa untuk memenuhi kebutuhan semua anggota kelompok. Perlengkapan ini dapat dibawa oleh salah satu orang khusus atau dibagi - bagi pada setiap anggota kelompok.Barang - barang tersebut meliputi tenda ( jenis tenda bisa berupa tenda doom, tenda plastik biasa, dan tenda peleton tergantung banyaknya anggota kelompok), perlengkapan P3K, serta peralatan masak dan makan, misalnya nesting, sendok, kompor gas atau trangia , dan bahan bakar ( spiritus , parafin, dan minyak tanah).

* PERLENGKAPAN TEKNIS

Perlengkapan teknis yaitu perlengkapan yang berguna untuk beraktivitas di alam bebas. Brntuk aktivitas yang dilakukan bisa bermacam- macam seperti penelitian , pendakian gunung , panjat tebing , dan ekspedisi.
Perlengkapan tiap aktivitas berbeda satu dengan yang lainnya.

Tidak ada komentar: