Jumat, 19 September 2008

Perbedaan Core Duo dan Core 2 Duo

Intel Core Duo CPU dan Intel Core 2 Duo CPU, sepertinya sudah akrab di telinga kita dan sering kita mendengar kedua chip processor telah ada dalam laptop atau PC. Tahukah Anda apa perbedaannya?

Core Duo CPU adalah dual core CPU pertama. Core Duo CPU merupakan keseluruhan arsitektur untuk Microsoft, menggunakan dua core dalam satu chip, atau dua chip dalam satu paket. Core Duo berjalan dengan kcepatan yang lebih lambat dibandingkan Pentium. Core Duo CPU ini memang lebih hemat power, namun berbanding terbalik dengan performance kinerjanya dengan kecepatan clock yang lebih cepat.

Namun kini telah hadir Core 2 Duo, yang memiliki kesamaan dengan Core Duo. Chip Core 2 Duo dibangun menggunakan proses produksi yang sama dan kesesuaian dalam socket yang sama seperti chip Core Duo. Dengan menempatkan Core 2 Extreme atau nama alias dari Core 2 Duo di samping Core Duo, maka user tidak akan melihat perbedaannya.

Chip Core Duo ataupun Core 2 Duo, keduanya memiliki persamaan kecepatan bus di bagian depan 667Mhz, namun Core 2 Duo memiliki kecepatan clock yang lebih cepat, bahkan untuk chip Core 2 Duo seri terbaru memiliki kecepatan 2.6GHz. Bus di bagian depan mengkomunikasikan antara CPU, RAM, dan beberapa komponen lainnya. Core 2 Duo juga memiliki L2 cach yang juga dimiliki oleh Core. Namun, terdapat perubahan arsitektur chip Core 2 Duo menjadi silicon, yang memberikan Core 2 Duo lebih cepat dalam prosesnya. Kedua chip dapat digunakan di laptop ataupun PC desktop.

Core 2 Duo dalam computer akan berjalan jauh lebih baik dibandingkan Core Duo, mulai dari penampilan gambar, video, hingga pengecekan dokumen. Improvisasi kecepatan dari Core Duo ke Core 2 Duo mencapai 30 persen. Namun, tidak ada perbedaan dari ketahanan baterai di notebook, termasuk konsumsi power dari kedua chip dengan kecepatan clock yang sama.

Chip Core 2 Duo pada dasarnya lebih mahal daripada Core, dan prakteknya Core kini telah menghilang dari pasar desktop sekarang ini. Namun, sangat mengejutkan untuk sekarang ini, user dapat memperoleh 2.13GHz Core 2 CPU, yang jauh lebih murah dari 1.66GHz Core CPU. Namun, beberapa laptop masih menggunakan Core CPU. Performance laptop yang menggunakan Core Duo, masih cukup bagus, sehingga user tidak akan merasa menggunakan kelas kedua dengan Core Duo.

Kesimpulan umum

- Core Duo dan Core 2 Duo memiliki dua inti prosesor !
- Core Duo diciptakan untuk Notebook, seiring perkembangan diciptakan teknologi Core 2 Duo yang mana selain bisa digunakan untuk notebook juga bisa digunakan oleh PC Desktop.
- Tidak ada processor Core Duo untuk PC Desktop yang ada yaitu langsung Core 2 Duo, sebelumnya dua inti prosesor juga sudah pernah diterapkan pada PC Desktop yaitu pada keluarga prosesor Pentium diantaranya adalah Pentium Dual-Core dan Pentium D namun microarchitecture antara keluarga prosesor Intel Pentium dan keluarga prosesor Intel Core tersebut sangat jauh berbeda termasuk ukuran transistornya. Perbedaan tersebut mempengaruhi kinerja, tingkat kebutuhan energi/daya (wattage), dan panas yang dihasilkan. Pada Core 2 Duo kebutuhan energi dan panas yang dihasilkan jauh lebih kecil dibadingkan pada keluarga prosesor Intel Pentium yang berintikan dua prosesor.
www.beritanet.com & www.iklanumum.com

Tidak ada komentar: