Minggu, 15 Juni 2008

IBM

IBM (International Business Machines, http://www.ibm.com) adalah perusahaan komputer terbesar di dunia. IBM didirikan pada 1911 sebagai produsen mesin tabulasi punch card. Pada 1953 IBM memperkenalkan komputer pertama yang disebut 701. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, IBM mendominasi pasar mainframe dan minicomputer. Pada 1981 IBM meluncurkan PC pertama yang disebut IBM PC yang kemudian menjadi standard. Meski mempunyai kesulitan dengan menurunnya pasar mainframe, IBM tetap merupakan industri komputer yang tangguh.

Teknologi pendingin terbaru yang juga merupakan inovasi teknologi dari IBM Oktober 2006 lalu adalah CoolBlue IBM yang secara signifikan mampu meningkatkan performa komputasi perusahaan. Keberhasilan teknologi terbukti pada penginstalasian sistem superkomputer IBM System Cluster 1350 di sebuah perusahaan farmasi di bidang bioriset, Boehringer Ingelheim, Canada. Selain itu, sistem ini juga berhasil mengurangi emisi panas di pusat data hingga 55 persen.

Teknologi pendingin tersebut adalah IBM Rear Door Heat Exchanger, sebuah pintu pendingin air yang dirancang untuk menghilangkan emisi panas dari belakang sistem komputer. Di mana menurut riset, air dapat menurunkan suhu lebih baik dari pada udara. IBM Rear Door Heat eXchanger membantu pusat data yang semakin besar dan menjaga agar suhu tetap di ambang aman tanpa menambah jumlah unit AC. Solusi sederhana ini menawarkan kapasitas pendinginan yang lebih besar di daerah-daerah yang paling panas, seperti di sekitar rak server di mana berbagai prosesor yang bertenaga besar diletakkan.

Baru-baru ini IBM juga mengakuisisi saham Solid Information Technology, perusahaan in-memory database software provider. Saat ini pemilik terbesar Solid Information Technology adalah Apax Partners and CapMan. Menurut Vesa Wallden, anggota Badan Solid, Solid berharap memperoleh dana sekitar US$14,4 juta. Akuisisi ini akan dilakukan IBM pada kuartal pertama 2008.(dna)

Tidak ada komentar: